Sebenarnya Apa Itu Internet Marketing? (Memulai Pemasaran Internet)


Tahun 2005, bisnis online mulai menjamur di berbagai belahan dunia, Sejak saat itulah istilah Internet Marketing mulai muncul. Namun tidak ada penjelasan yang pasti kapan ‘kata’ atau ‘istilah’ ini mulai dikenal di kalangan publik.

Apa Itu Internet Marketing?

Pengertian Internet Marketing adalah sebuah pemasaran elektronik yang dilakukan oleh seseorang baik itu seorang webmaster, ahli SEO, reseller, pembuat website atau siapa saja yang memasarkan barang atau jasa yang ia miliki melalui internet.

Internet Marketing adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa inggris. Jika diterjemahkan kedalam bahasa indonesia Internet marketing berarti “Pemasaran internet”. Banyak istilah lain dari Internet marketing yang sering kita dengar seperti; , e-marketing, e-commerce, digital marketing atau online-marketing.

Contoh Sederhana Internet Marketing

Kamu memiliki sebuah produk fashion yang bagus.

Lalu kamu membuat sebuah website atau blog untuk menjual produk tersebut.

Kamu juga bisa menjual produk tersebut kepada teman-temanmu melalui sosial media seperti, facebook, path atau twitter.

Untuk memperbanyak jualanmu, Kamu juga membuat marketplace di tokopedia atau shopee.

Manfaat Menggunakan Internet Marketing

Ditahun 2018 ini, Ternyata masih banyak masyarakat yang meragukan internet marketing. Mereka bertanya "apakah internet marketing lebih manjur daripada berjualan secara tradisional?".

Ini adalah beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang manfaat menggunakan metode pemasaran online (internet marketing).
  • Waktunya tidak terbatas. (24 jam nonstop)
  • Jangkauan pasar luas. Bahkan kamu bisa menjangkau seluruh dunia
  • Hemat biaya. (bisa menghemat hingga 80% biaya pemasaran)
  • Jalin hubungan langsung dengan konsumen. (Bisa langsung chat dengan pembeli)
  • Resiko sedikit. (Toko kamu nggak bakal terjadi kebakaran, kemalingan, atau segala hal yang terjadi di dunia nyata)
  • Dan masih banyak lagi manfaat lain yang akan kamu dapatkan dalam internet marketing.

Lingkungan Internet Marketing

Tentunya sebagai seorang pebisnis, kamu harus mengetahui ruang lingkup pemasaran internet itu sendiri. Yaitu bagaimana caramu memasarkan sebuah produk atau jasa yang kamu miliki agar pemasaranmu sesuai harapan.

Lingkungan pemasaran internet yang sering dipakai oleh para praktisi internet adalah sebagai berikut.
  • Sosial media (facebook, twitter, google+, path, dll)
  • Mesin pencari (Google, Bing, Yahoo, Yandex, dll)
  • Marketplace (bukalapak, tokopedia, lazada, shopee, dll)
  • video marketing. (youtube, vidio.com, dll)
  • Forum jual beli.

Pelaku Internet Marketing

Semua orang yang memasarkan produk atau jasa mereka melalui internet merupakan seorang internet marketers. Orang-orang inilah yang disebut sebagai penggiat. Mereka adalah orang-orang yang mendedikasikan dirinya untuk bisnis di internet. Baik itu sebuah jasa pemasaran maupun mereka yang memang sudah lama melakukan bisnis melalui pemasaran internet.

Para internet marketers juga wajib mengikuti perkembangan trend. Baik itu trend di sosial media atau Search engine. Agar tentunya mereka bisa melakukan implementasi yang tepat pada pemasaran internet yang mereka jalani.

0 Response to "Sebenarnya Apa Itu Internet Marketing? (Memulai Pemasaran Internet)"

Posting Komentar