Cara Mendapatkan Domain Gratis 2018 Selama Satu Tahun

Berbicara tentang blog, pasti tidak akan terlepas dari yang namanya domain. Domain adalah salah satu kelengkapan dari sebuah website yang keberadaannya sangat penting. Dengan adanya domain, maka pengunjung blog kita menjadi mudah untuk mengingat alamat blog kita. Domain itu sendiri sangat beragam, mulai dari .com, .net, .xyz, .info, .top, dan masih banyak lagi. Yang paling banyak dipakai untuk sebuah blog profesional maupun pribadi adalah jenis domain TLD (Top Level Domain) alias Domain Kelas Atas.

TLD juga memiliki banyak sekali ekstensi. Yang sering digunakan para blogger adalah domain .com, .net, .org, .id (domain TLD ekslusif Indonesia) dan yang lainnya. Untuk domain TLD kita tidak bisa mendapatkannya secara gratis melainkan harus membeli atau lebih tepatnya menyewa ke jasa penyedia domain / webhosting. Biasanya sewa per tahun dihargai dengan kisaran $10 - $14 atau jika dirupiahkan sekitar 115 - 150 ribu.
Tetapi tahukah anda ada banyak domain yang bisa anda dapatkan secara cuma-cuma alias gratis. Memang sih lebih baik membeli domain ke webhosting terpercaya agar bisa full control. Tapi saya rasa yang gratisan pun bisa sangat bermanfaat bagi seseorang yang baru saja terjun ke dunia blogger.

Ada banyak domain gratis yang bertebaran di luar sana, seperti .uni.me, .xx.xx, .cz.cc, .co.vu, .co.nr, .tk, .ga, .cf, dan .ml. Tapi disini saya hanya akan membahas bagaimana cara mendapatkan domain gratis .tk, .ga, .cf, dan .ml melalui situs Freenom.

Alasan saya memilih Freenom adalah karena paling mudah dan fitur yang lumayan baik untuk sekelas domain gratisan tanpa melakukan survey, refferal atau yang lainnya.

Berikut ini adalah cara mendapatkan domain gratis untuk satu tahun. Simak baik-baik caranya.

1. Siapkan nama untuk domain anda.

2. Kunjungi www.freenom.com

3. Di halaman depan freenom silakan masukan nama untuk domain anda, terus klik Cek Ketersediaan. Contoh disini saya akan menggunakan nama “dosenlogika”.

4. Setelah itu akan tampil nama domain gratisnya (.tk .cf .ga dan .gq). Klik Dapatkan Sekarang! di domain yang anda inginkan, terus klik Pemeriksaan.

5. Dihalaman Shopping Cart anda pilih 12 Months @ FREE, terus klik Continue.

6. Halaman berikutnya silakan isi dengan email anda, terus klik Verify My Email Address. Buka email, cek pesan dari freenom, terus klik link verifikasi-nya. Setelah itu, silakan anda isi data pendaftarannya, terus klik Complete Order.

7. Domain anda telah berhasil dibuat, kemudian cari menu My Domains.

8. Selamat anda sudah mendapatkan domain gratis dari Freenom selama satu tahun. Sekarang domain anda sudah bisa dihubungkan ke blog.

Menurut Saya, Freenom adalah layanan penyedia domain gratis terbaik, baik karena halaman website yang support dengan bahasa Indonesia, hingga domain domain unik yang mudah diingat.

Sekian tutorial dari saya tentang cara mendapatkan domain gratis selama satu tahun. Semoga bermanfaat.

2 Responses to "Cara Mendapatkan Domain Gratis 2018 Selama Satu Tahun"